PENDAFTARAN SISWA BARU PAKET KESETARAAN PAKET A (SD), B (SMP), C (SMA)

 PENDAFTARAN PESERTA BELAJAR PAKET A SETARA SD, PAKET B SETARA SMP, DAN PAKET C SETARA SMA Program Gratis Untuk Usia 7- 21 Tahun Pendaftaran...

Sabtu, 11 Februari 2017

JADI DONATUR TETAP YAYASAN


 





PROPOSAL BANTUAN SARANA PRASARANA
TAHUN 2016

NAMA YAYASAN            : YAYASAN SARI JAYA ILMU
AKTA NOTARIS               : 62 /19 JUNI 2015SK. MEN HUM HAM      : AHU-0008588.AH.01.04.Tahun 2015NAMA KURSUS              : LKP SARI JAYA KOMPUTERALAMAT                          :-        Jalan                             : Lintas Rengat Tembilahan KM 23
-        Desa                             : Kuala mulia
-        Kecamatan                 : Kuala Cenaku
-        Kab / Kota                   : Indragiri Hulu
-        Provinsi                       : Riau
-        H P/ E-mail                  : 085274309971
: yayasan.sari.jaya.ilmu@gmail.com

YAYASAN  SARI JAYA ILMU
KURSUS DAN PELATIHAN KOMPUTER
DESA KUALA MULIA
KECAMATAN KUALA CENAKU
KABUPATEN INDRAGIRI HULU












YAYASAN SARI JAYA ILMU
SK Menteri Hukum dan HAM RI. Nomor AHU-0008588.AH.01.04.Tahun 2015
AKTE NOTARIS Nomor 62 Tanggal 19 Juni 2015
PENDIDIKAN & PELATIHAN KOMPUTER LKP SARI JAYA KOMPUTER
SIO Dinas Pendidikan. Kab.INHU No.421/Disdik-PLS/2014/012
Sekretariat : Alamat Jalan Lintas Rengat Tembilahan, KM.23  Desa Kuala Mulia
Kec. Kuala cenaku Kabupaten Indragiri Hulu Kode POS. 29351  HP. 0852 7430 9971
 




Kuala Mulia, 11 Februari 2017

Nomor             : 015/YSJI /SJ-KOM/III/2016
Lampiran     : 1 (Satu) Bundel                                 Kepada Yth : Donatur Seluruh Indonesia
Perihal         : Permohonan Bantuan                          Pejabat Daerah
  Pembangunan                
                                                                             Di –
                                                                                      Tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan peran serta dalam pembangunan, kami salah satu Yasyasan  yang bergerak di bidang Pendidikan Formal dan Non Formal (Kursus Peltihan) bertujuan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, Kursus Komputer  telah berdiri sejak tahun 2013 ingin berpartisipasi aktif dalam meningkatkan SDM tenaga kerja yang siap untuk bekerja atau berwirausaha secara mandiri.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami mengajukan
permohonan   bantuan   sarana Prasarana   pelatihan   untuk   Yayasan  Sari Jaya Komputer dan  sarana dan Prasarana pelatihan tersebut kami butuhkan karena potensi pasar kerja/wirausaha di bidang tersebut sangat tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah perusahaan yang ada di wilayah kami sebanyak
4 perusahaan Besar Yang Ada di wilayah Kuala Cenaku diantaranya : Palma I, Palma II, BBF dan BBU.

Demikian proposal ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.
 
























I.         LATAR BELAKANG
Dunia pendidikan merupakan sarana bagi masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia agar dapat bersaing di era yang penuh kompetisi saat ini. Selain sektor pendidikan formal, misalnya SD, SMP, SMU, SMK, Universitas dan sebagainya, sektor pendidikan non formal seperti  Kursus dan  Pelatihan dan Keterampilan  juga punya peran yang besar terhadap pembagunan sumber daya manusia.

 pendidikan Komputer misalnya yang saat ini banyak di selenggarakan baik di perkotaan maupun daerah mempunyai komitmen dan fokus terhadap keahlian komputer pesertanya. Banyak juga jenis pendidikan non-formal lainnya seperti  Pelatihan dan Keterampilan berdasarkan keahlian tertentu. Contohnya   pelatihan salon, pelatihan budidaya pertanian, pelatihan budidaya perikanan , pelatihan usaha jamur, pelatihan usaha makanan rumahan dan lainnya.

Pihak-pihak penyelenggara  Pendidikan Non Formal perlu mengantongi Izin Pendirian  Pendidikan Non Formal agar terlindungi oleh pemerintah. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah lewat undang-undang yang mengatur hal tersebut, yaitu UU No 20 th 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 62 ayat (1) setiap satuan pendidikan formal dan non-formal yang didirikan wajib memperoleh izin pemerintah atau pemerintah daerah.

Sebuah kondisi realita saat ini dunia teknologi semakin di kedepankan, aktifitas yang memakan banyak waktu, energi dan kerja tidak sistematis saat ini sudah dapat diminimalisir, karena dengan banyak membuang waktu dan energi belum tentu mendapatkan hasil yang maksimal, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dan dengan apa kita dapat meminimalisir tersebut? Jawaban yang tepat adalah TEKNOLOGI. Banyak teknologi saat-saat ini sudah mulai dikembangkan mulai dari teknologi pangan, pertanian, industri sampai teknologi informasi.

II.      DASAR PEMIKIRAN
Mengingat data pengangguran masih cukup tinggi, apabila tidak memperoleh perhatian yang serius mengakibatkan masalah sosial yang cukup tinggi pula. Beberapa masalah sosial yang diakibatkan oleh tingginya Pengangguran dan kemiskinan hingga saat ini merupakan masalah besar  bangsa Indonesia yang belum bisa terpecahkan.Jika dilihat dari latar belakang pendidikan para penganggur berdasarkan data BPS Februari 2012 sebesar 27,09% berpendidikan SD ke bawah, 22,62% berpendidikan SLTP, 25,29% berpendidikan SMA, 15,37% berpendidikan SMK dan 9,63% berpendidikan Diploma sampai Sarjana.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran di Indonesia, diantaranya: 

v  Pertama, jumlah pencari kerja lebih besar dari jumlah peluang kerja yang tersedia (kesenjangan antara supply and demand). 
v  Kedua, kesenjangan antara kompetensi pencari kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja (mis-match)
v  Ketiga, masih adanya anak putus sekolah dan lulus tidak melanjutkan yang tidak terserap dunia kerja/berusaha mandiri karena tidak memiliki keterampilan yang memadai (unskill labour)
v  Keempat, terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) karena krisis global.

Penyelenggaraan kursus dan pelatihan berbasis pendidikan kecakapan hidup merupakan salah satu upaya strategis untuk mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan melalui jalur pendidikan. Untuk memberikan layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan bagi masyarakat terutama para pengangguran tentu saja dibutuhkan  Kursus dan Pelatihan yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya, karena ada beberapa hal yang menjadi pandangan kami diantaranya :
1.      hasil survei  kursus dan pelatihan di Kecamatan Kuala Cenaku, belum adanya  yang bisa memberikan pelatihan kepada Masyarakat, dimana di Kecamatan Kuala Cenaku Setidaknya Memiliki 4 PT Besar , dan Keseluruhan Perusahaan  membutuhkan Tenaga Kerja yang Menguasai Komputer.
2.      Pelajar  setempat belum banyak yang mengenal tentang dunia teknologi informasi.
3.      Dengan  adanya program pemerintah yakni Jaringan Pendidikan Nasional (JARDIKNAS) sudah mulai di terapkan di di sebagian  kota Besar di indonesia.

III.   VISI DAN MISI
A.   VISI DAN LKP SARI JAYA KOMPUTER 
Menjadi  Pendidikan berkualitas, menciptakan wirausaha mandiri yang memiliki dan mampu meningkatkan  kreativitas, Skill, Knowledge dan Attitude serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B.    MISI SARI JAYA KOMPUTER 
1.      Menyiapkan sumber daya manusia yang handal dibidang komputer baik Instruktur, Media Pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan jaman. 
2.      Menyiapkan sumber daya manusia yang mampu meningkatkan kreativitas baik dibidang komputer maupun  Praktek  sehingga mampu menjadi insan mandiri dan mampu berusaha mandiri dan menciptakan lapangan kerja.
3.      Menjadi  Pendidikan berskala nasional, mengajarkan teknologi terapan, aplikasinya yang bermanfaat langsung bagi masyarakat. 
4.      Menjadi  Pendidikan yang mampu menciptakan insan mandiri, bekerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas, dan  kerja Ikhlas.
5.      Menjadi  pendidikan yang dapat menyediakan  dan menjadi pusat informasi teknologi  bagi masyarakat. 
6.      Menjadi  pendidikan yang dapat dan mampu  menggali, mengembangakan, menyediakan   keterampilan dan menggabungkannya  dengan kemajuan teknologi informasi guna pelayanan pelatihan berbasis masyarakat yang berpotensi meningkatkan kreatifitas yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
7.      Memperbaiki mutu sarana dan prasarana serta manajemen secara berkelanjutan. Membina peserta didik dan masyarakat  untuk berkembang menjadi tenaga profesional dibidang teknologi informasi. Melakukan kerjasama kemitraan yang sinergis dengan pihak lain.
8.      pemberantasan pelajar GAPTEK (gagap teknologi)
9.      Menjalin   kerjasama  dengan sekolah-sekolah SD, SMP, SMA Sederajat untuk memberi pembelajaran dan pengenalan dunia TI

IV.   PROGRAM-PROGRAM KURSUS
A.    Menyelenggarakan Kursus Komputer Singkat dengan Program Sebagai Berikut
1.      Paket Perkantoran Intensive
a.       Dasar-Dasar Pengoperasian Windows, Microsoft Word
b.      Microsoft Excel
c.       Microsoft PowerPoint
d.      Internet
B.     Paket Perkantoran 
a.       Microsoft Word 
b.      Microsoft  Excel 
c.       Microsoft PowerPoint
C.    Paket Desain Grafis
a.       Corel Draw, 
b.      Photoshop
D.    Teknisi Komputer
a.       Perakitan dan Perawatan Komputer (Memasang Komponen PC,
b.      Setting BIOS, Install Operating Sistem,
c.       Install Applikasi, Install Antivirus,
d.      Install Berbagai Driver, Install Modem GSM/CDMA,
e.       Dasar-Dasar Jaringan Komputer, Cara Menangani Komputer bervirus.
Semua materi pelatihan disusun berdasarkan kurikulum SKKNI dan di desain sesuai dengan administrasi di kantor, seperti surat perjalanan dinas, tabel daftar gaji dll. 
Dengan biaya yang relatif ringan dengan waktu yang singkat, anda akan memperoleh pengetahuan yang memadai dibidang komputer yang nantinya menjadi bekal baik dalam dunia kerja maupun disaat menyelesaikan tugas perkuliahan.

V.      KRITERIA PENDIDIKAN INSTRUKTUR KURSUS KOMPUTER

Untuk kriteria pendidikan seorang instruktur kursus komputer tidak harus sarjana strata 1 komputer, semua jenjang pendidikan juga bisa. Memang untuk profesionalitas seharusnya S1 komputer. Tentu semua itu disesuaikan dengan paket materi kursus. Kalau cuma office mungkin tidak harus diserahkan ke instruktur yang S1 Komputer, cukup level D1 atau SMK komputer atau yang memang mempunyai kompetensi di bidang office. Kecuali kalau paket kursusnya sudah ke pemrograman, pembuatan data base, disain, multimedia dan keahlian profesional komputer lainnya itu wajib S1 komputer.
1.      Untuk mengajar Office Word, instrukturnya SMA/SMK atau D1 semua jenjang pendidikan
2.      Untuk mengajar Office Excel dasar, SMA/SMK atau D1 semua jenjang pendidikan
3.      Untuk mangajar Office Excel profesional (macro), D1-S1 semua jenjang pendidikan tetapi memiliki kompetensi skill profesional untuk excel pro tersebut.
4.      Untuk mangajar Office PowerPoint SMA/SMK atau D1 semua jenjang pendidikan
5.      Untuk mangajar Acces + database, D1-S1 semua jenjang pendidikan tetapi memiliki kompetensi skill profesional untuk excel pro tersebut
6.      Untuk pemrograman, website, multimedia instrukturnya D1-S1 semua jenjang pendidikan tetapi memiliki kompetensi skill profesional untuk excel pro tersebut. Diutamakan S1 Komputer.
Daftar instruktur diatas tidak baku, tentu harus disesuaikan dengan keuangan  dan tingkat kebutuhan sesuai bidang akan menjadi pertimbangan. 

VI.    DASAR PENDIRIAN DAN PERMOHONAN IZIN KURSUS KOMPUTER
A.    Tujuan
1.      Memudahkan dalam pembinaan dan pengembangan kursus
2.      Memelihara don meningkatkan mutu penyelenggaraan
3.      Mengarahkan, menyerasikan don mengembangkan kursus guna menunjang suksesnya program pembangunan bidang pendidikan
4.      Melindungi kursus terhadap penyalahgunaan wewenang, hak dan kewajiban setiap jenis kursus
5.      Melindungi konsumen
B.     Dasar Undang-Undang Negara
1.      Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
3.      Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah
4.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
5.      Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1998 tentang Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kerja
6.      Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 261 /U/1999 tentang Penyelenggaraan Kursus

VII.     SASARAN PEMBELAJARAN
1.      Sekolah Dasar ( SD ) untuk Kelas V dan VI
2.      Sekolah Menengah Pertama ( SMP )
3.      Sekolah Menengah Atas ( SMA )
4.      Umum ( Guru, Mahasiswa)


VIII.       JENIS PAKET KURSUS & BIAYA
1.      Microsoft Office (Windows)
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu
Pelatihan diadakan 12x pertemuan, 1x pertemuan 2 jam
Fasilitas : Buku panduan dan Sertifikat

2.      Microsoft Office Paket Kilat (Windows)
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu
Pelatihan diadakan 6x pertemuan selesai, 1x pertemuan 2 jam (syarat dan ketentuan berlaku)
Fasilitas : Buku panduan dan Sertifikat

3.      System Jaringan & Rekayasa Terminal Server
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu
Pelatihan diadakan 5x pertemuan selesai, 1x pertemuan 2 jam
Fasilitas : Buku panduan dan Sertifikat

4.      Design Grafis with Corel & Adobe Photoshop
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu

5.      Multimedia & Animasi
Dibuka kelas : Pagi, Sore & Malam
Jadwal Kursus : Senin-Rabu atau Kamis-Sabtu


IX.             PENUTUP
Demikianlah proposal yang kami ajukan untuk memenuhi persyaratan pendirian  pendidikan komputer yang kami ajukan. Atas partisipasinya untuk mencerdaskan anak bangsa kami ucapkan banyak terima kasih. 

X.      LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.       ANGGARAN DANA YANG DI BUTUHKAN


2.       AKTA NOTARIS
3.       SIO DINAS PENDIDIKAN
4.       NPWP
5.       NPWP PIMPINAN
6.       PETA LOKASI  ,DENAH RUANG
7.       DAFTAR INVENTARIS/ KELENGKAPAN  KURSUS
8.       STRUKTUR ORGANISASI
9.       FOTO COPY REKENING LKP

10.   FOTO BANGUNAN LKP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan jika anda berkunjung untuk perbaikan kedepan. sobat